5 Jenis Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan predatoryang cukup ganas, tetapi tetap saja banyak yang menyukai ikan tersebut. Harga ikan peacock bass pun sangat beragam.

Dinegara aslinya sampai sekarang ikan Pbass ini masih menjadi sport fishing atau target memancing untuk mengisi kegiatan luang atau saat musim liburan. Biasanya mereka memancing di kawasan sungai Amazon.

Ikan predator satu ini juga mempunyai banyak jenis dan beragam corak warna yang cantik. Tapi pada kesempatan ini saya hanya akan share sebagian dari jenis tersebut,

5 Jenis Ikan Peacock Bass

Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Yang pertama adalah yang berjenis Cichla Monoculus, jenis ini akan sangat mudah kamu jumpai pada penjual ikan hias karena memang jenis ini yang paling banyak dipasaran Indonesia dikarenakan harganya yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya

Ciri-cirinya jenis cichla monoculus ini mempunyai warna kuning dengan gradasi orange pada sirip bawah, serta ada tanda hitam di bagian tubuhnya. Untuk gambar bisa dilihat diatas, dan biasanya ikan peacock bass cichla monoculus ini dipasaran dihargaimulai yang kecil ukuran 5 cm harganya Rp.15.000 sampai yang besar ukuran 30 cm dihargai Rp.350.000.

Peacock Bass Orinoco (Cichla Orinocensis)

Untuk yang berjenis Orinoco ini habitat aslinya di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro dibenua Amerika oleh karena itu nama jenis ikan ini diambil disungai saat pertama ditemukan. Ikan predator ini juga sudah dewasa ukurannya bisa mencapai dengan 50 cm dan untuk beratnya bisa sampai 6 kg juga sudah dewasa.

Untuk warna dari ikan Pbass jenis Orinoco ini memiliki warna kuning emas dengan ada beberapa titik hitam di tubuhnya. Dan karena ikan jenis ini lumayan sulit untuk dibudidayakan sehingga harga ikan Pbass yang berjenis Orinoco ini juga lebih mahal dari jenis yang monoculus tadi. Untuk anakan yang berukuran 5 cm harganya sudah Rp.45.000 dan untuk yang dewasa dengan ukuran 30 cm bisa mencapai Rp.1.200.000

Ikan Peacock Bass Kelberi

Pbass jenis Kelberi ini menurut saya tampilan corak warnanya sangat cantik, selain itu untuk perawatan ikan jenis ini juga mudah dan tak perlu banyak biaya.Ciri khas dari jenis ini adalah mempunyai warna kuning yang bermotif bintik hitam di beberapa bagian tubuhnya yang membuat corak yang cantik.

Harga Pbass jenis ini masih tergolong mahal karena belum banyak yang bisa membudidayakannya, untuk anakan saja yang ukuran 5 cm dihargai Rp.100.000 sedangkan yang sudah dewasa harganya mencapai Rp.1250.000 dengan ukuran yang 30 cm.

Ikan Peacock Bass Temensis

Peacock bass temensis memang masih sedikit yang mengenalnya karena tingkat kesulitan dalam membudidayakannya, namun untuk corak warnanya juga cantik seluruh tubuhnya di penuhi bintik putih dengan warna dasar tubuhnya coklat ke emasan. Jika sudah dewasa ikan pbass temensis ini beratnya bisa mencapai 13 kg dan panjangnya sampai 100 cm.

Harganya juga masih agak mahal dikarenakan memang sulit untuk membudidayakannya, yang kecil ukuran 5 cm saja sudah mencapai Rp.50.000 apalagi yang sudah dewasa yang ukuran 30 cm harganya sudah tembus di angka 1.300.000 untuk per ekornya.

Ikan Peacock Bass Azul

Jenis terakhir yang saya share ini memiliki harga yang paling mahal, dikarenakan ikan jenis azul ini memang sangat cantik. Ciri khasnya memiliki sirip warna biru dengan ujung ekornya yang berwarna kuning kemerahan.

Ikan peacock bass azul ini lebih mahal dari jenis yang diatas, selain memang cantik faktor mahalnya juga dikarenakan sulitnya untuk membudidayakannya. Untuk yang masih kecil ukuran sekitar 5 cm harganya sudah Rp.60.000 dan untuk yang sudah dewasa harganya sudah sampai di kisaran Rp.1.500.000 untuk harga satu ekornya.

Dari beberapa jenis dia atas, ada yang kamu sukai? kira-kira lebih memilih yang mana?

Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium
LihatTutupKomentar