5 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Aquarium

5 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Aquarium. Bagi para pecinta ikan, memelihara ikan hias air tawar pastinya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sebab, memelihara ikan jenis ini jauh dari kata merepotkan.

Cukup bermodalkan aquarium atau kolam, lalu beri mereka pakan pelet ikan, maka kamu sudah memenuhi kebutuhan dasar atas ikan hias-mu tersebut. Ditambah lagi, rupa dan warna ikan hias juga sangat beragam.

5 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Aquarium

Kadang hal ini juga yang membuat pecinta ikan kebingungan memilih jenis ikan yang mana. Sebab, setiap jenis memiliki kecantikannya sendiri-sendiri. Solusinya, kamu bisa mencampur berbagai jenis ikan dalam satu aquarium.

Tak semua jenis ikan hias air tawar bisa disatukan dalam tempat yang sama
Eits, tapi hati-hati ya ketika menggabungkannya. Tak semua ikan hias air tawar bisa disatukan dalam satu aquarium. Ada beberapa jenis ikan hias yang akan menyerang kawanannya ketika disatukan.

Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium
Untuk kamu yang mau menjalani hobi ikan hias ini dan mau mencampur beberapa jenis ikan sekaligus, simak dulu jenis ikan hias air tawar mana saja yang bisa dicampur dalam satu aquarium ini.

 Jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu aquarium


Ikan Guppy

Ikan Guppy atau yang lebih terkenal dengan nama Ikan Cere ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer. Mereka mudah menyesuaikan diri dan beranak pinak. Ikan Guppy sangat bisa dicampurkan dengan jenis ikan lainnya karena memiliki karakter mudah bersosialisasi dengan jenis ikan lain. Namun, pastikan ikan-ikan lain tersebut bukan ikan predator ya. Sebab, bisa-bisa mereka malah dimakan oleh ikan predator!


Ikan Discus

Bentuk ikan discus yang pipih seperti kepingan disket membuat jenis ikan satu ini disukai oleh banyak orang. Ditambah lagi, ikan discus memiliki karakter yang sama dengan ikan Guppy, yaitu mudah bersosialisasi. Ikan komunal ini berasal dari sungai Amazon. Namun meskipun berasal dari luar negeri, ikan Discus terbilang mudah didapatkan, dan harganya pun tak terlalu mahal.

Ikan Koi

Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan hias paling populer di kalangan pecinta ikan. Bukan hanya karena bentuk, dan coraknya yang unik, ikan koi juga dipercaya membawa keberuntungan. Harga ikan koi memang cukup mahal. Tapi untungnya, ikan ini bisa dicampur dengan ikan lain dalam satu tempat. Namun, hindari ikan koi dari ikan predator, karena mereka bisa mati lantaran stres.


Ikan Mas Koki

Selain ikan koi, ikan mas koki juga salah satu ikan yang dipercaya membawa keberuntungan. Tonjolan kepala serta perutnya yang besar membuat ikan mas koki disukai karena keunikannya. Ikan koki cocok untuk digabungkan dengan ikan jenis lain karena sifatnya yang ramah dan tidak agresif. Namun sayang, kamu harus mengeluarkan kocek lumayan besar untuk bisa memelihara ikan ini. Di pasaran, harga ikan maskoki dibanderol mulai dari Rp 1 juta per ekornya.

Ikan Cupang

Ikan hias satu ini juga sangat populer. Dari zaman dulu, pasti hampir selalu ada pedagang ikan cupang di sekolah-sekolah. Tapi, memang ada perbedaan antara ikan cupang yang dijual di sekolah dan ikan cupang seri. Ikan cupang merupakan ikan yang agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Meskipun demikian, ikan cupang bisa digabungkan dengan jenis ikan lainnya, asal ukurannya lebih besar. Kamu juga bisa mencampurkan sesama jenis ikan cupang dalam satu tempat. Asal pastikan bahwa perbandingan antara jantan dan betinanya 1:3.
LihatTutupKomentar